Review Balap Kejurnas 150cc IRS Seri 1, FU & StreetFire Unjuk Gigi| Yamaha? Tunggu Gebrakan Seri 2!!

Share Artikel Ini


Pemirsa, melanjutkan tema artikel minggu kemarin tentang IRS (IndoSpeed Race Series), saat itu saya mempertanyakan proses persiapan balapan 150cc di IRS yang sepi sepi aja, jauh dari hiruk pikuk pemberitaan media. Well, pada hari H nya ternyata hasilnya tidak mengecewakan. Bahkan bisa dibilang lebih seru dari gelaran 150cc di Indoprix.

Memang sihh tak ada live broadcasting seperti halnya Indoprix yang disiarkan langsung oleh stasiun TV (Indosiar), namun sesaat selepas balapan usai, ulasannya langsung mewabah secara viral di media online dan blogosphere. Sebut saja blognya IWB, TMC Blog, Pertamax7, Motogokil, Aripitstop, Nyobamoto, Bonsai Biker, dan masih banyak lagi blog otomotof lain secara berantai mengulas dan memberitakan balap kejurnas 150cc ini.

Bagaimana dengan satria155.com? Satria FU juara lhoo, kok blognya anak FU ini malah sepi sepi ae gak nulis ulasan apa apa??
haha, maap maapppp pemirsa, setelah absen live report indoprix bulan lalu, kemaren saya lagi-lagi gagal meliput IRS karena kembali mendapat tugas kantor persis pas hari H nya. Walhasil hanya bisa memantau dari reportase para teliksandi (baca: kawan-kawan) yang hadir langsung ke sentul. Wes akurapopo, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, hehe. Biarpun udah agak basi, gpp lah hari ini saya sempatkan juga menulis artikel terkait hasil IRS minggu kemaren.

DUO SATRIA FU TAMPIL DIGJAYA

First of all (halahhh gayaaa :p), saya ingin ucapkan “selamat” terlebih dahulu buat semua pengemar & FU-ers yg saya yakin sedang bersuka cita atas kemenangan suzuki satria FU di IRS seri 1 kemarin. Aksi ciamik duo satria FU yang dibesut Ocvan Irvana dan Nico Julian kemarin berhasil mengamankan podium 1 dan 2 untuk si Hyperunderbone.
Satria FU Juara IRS 1
Setidaknya, kemenangan FU kemarin menjadi pembuktian bahwa bebek tengil ini memang tak bisa disepelekan. Anggapan bahwa fu hanya bejaban dengan motor sport tulen di indoprix karena lebih lincah di tipe sirkuit kecil tak sepenuhnya benar. Terbukti di sirkuit lebar dengan trek lurus panjang seperti Sentul gede kemarin pun ternyata tak kalah ganas dibanding 150cc sport tulen.
Bakalan kehabisan bensin sebelum finish? tak terbukti. Bodynya kurang aerodinamis? enggak juga. Sasis kalah stabil dengan sport tulen? anteng anteng aja tuh. Kalah topspeed di trek lurus panjang? ah masa iya. Anggapan diuntungkan bobot motor pun kurang tepat karena sudah ada regulasinya fu harus nambah bobot supaya seimbang dengan bobot sport batangan.

SANG JAWARA SERI 1, FU No 9 Ocvan Irvana

Ya, walau tanpa gembar gembor, Suzuki ternyata menurunkan 1 timnya di IRS dari total 3 tim pabrikan yang dimilikinya. Yang turun di IRS kemarin adalah tim Suzuki Chia Felix, dengan pembalap Ocvan Irvana. Sedangkan dua tim lagi yang dihuni pembalap senior yaitu tim nya Rafid Topan (Suzuki Faito Evalube) dan timnya Harlan Fadhilah (Suzuki Nissin Pikoli) tidak diturunkan di ajang IRS.

Ocvan Irvana yang membesut satria fu bernomor 9 ini ketika indoprix seri 1 bulan lalu di sentul kecil juga hampir menjadi juara, namun terjatuh di lap terakhir ditengah duel vs Rafid topan. Gagal di sentul kecil indoprix, ia membayar lunas di arena Sentul Gede IRS. Mantan juara kelas MP3 dan MP4 ini langsung tampil trengginas sejak awal bahkam meraih pole position di sesi QTT IRS kelas 150cc. Saat race, pembalap muda dari Kalimantan ini pun sukses membeset satria fu nya melahap 12 lap dan finish terdepan dengan total waktu 24 menit 04 detik.
Satria FU Juara IRS Seri 1

THE RUNNER UP, FU No 38 Nico Julian

Kemenangan ocvan tidak diraih dengan mudah, dibelakangnya menguntit ketat Nico Julian yang membesut motor Satria FU racikan tim R9 Sudco Pikoli Racing Team. Walau bukan tim pabrikan resmi dari Suzuki, tapi terbukti FUnya tak kalah kompetitif. Sedikit kilas balik, bulan lalu FU-nya Nico juga turut berkompetisi di Indoprix 150cc, namun di seri 1 IP sentul karting tersebut ia gagal start karena kendala teknis. Juga perlu diketahui bahwa Joki FU bernomor 38 ini bukan joki sembarangan bro. Walau usianya belia, Nico julian adalah juara nasional kelas 250cc musim 2010. Dua tahun terakhir ia juga membesut tunggangan kelas supersport 600cc dan motor Ducati. Tak heran pertarungannya dengan ocvan di IRS kemarin berlangsung ketat.

Ini dia satria FU jawara 2 besutan Nico, bernomor start 38
Satria FU R9 Sudco Pikoli

PODIUM 3, CB STREETFIRE TAK KALAH BERBAHAYA, MELEJIT JAUH DIDEPAN KAKAKNYA

Dibalapan sentul gede kemarin, salut dan jempol pantas diacungkan untuk CB150R Streetfire garapan tim privateer Ultraspeed AHRS yang berhasil keluar sebagai juara 3. Bernomor start 86, sang CB dipercayakan pada Oki Ristan sebagai Joki a.k.a pembalap. Oki Ristan adalah pembalap senior Indoprix dari Jawa Barat, ia juga adalah salah satu atlet berprestasi peraih medali emas di PON XVIII Riau. Dibawah kendali Oki, sang CB mampu tampil prima dan menyajikan perlawanan sengit sepanjang race, sempat saling menyalip dan mencapai finish hanya terpaut 0,1 detik dibelakang duo satria fu ocvan & nico.
CB StreetFIre Ultraspeed AHRS wrx

Momen momen pertempuran duo Satria FU vs CB Streetfire di Kejurnas IRS seri 1:
FU dan CB WRX Racing Exhaust
Duel Satria FU vs CB Streetfire IRS

Mencermati print out hasil keseluruhan race dan berdasarkan keterangan dari kawan kawan yang menonton langsung, dapat disimpulkan bahwa pertarungan sengit memang hanya terjadi di barisan tiga terdepan. Lihat saja catatan total time dan Gap alias selisih waktunya. Gap antara posisi 1 ke posisi 3 memang rapat; 0,948 detik saja. Tapi gap dengan rombongan dibelakang terpaut jauh. Di garis finish, Posisi 4 diamankan oleh CBR150 FI yang digeber Edison Wardhana aka bro Echon dari tim FAST Racing. Ia terpaut 18 detik dibelakang rombongan depan. Dua rider honda lain dibelakangnya bahkan terpaut lebih jauh, 20 dan 39 detik dibelakang CBR Echon.
Best Time 150cc Race IRS

SIAPA SAJA SIH YANG TURUT BERLAGA?

Starting grid atau posisi start kelas 150cc IRS total diisi 12 peserta. Urutan start didasarkan pada best time masing masing rider di sesi QTT (qualifying). Namun dari 12 nama itu hanya 10 yang lepas start. Dan dari 10 peserta race kemudian tersisa 6 yang berhasil menyelesaikan balapan (finish). 4 racer lainnya gagal finish. Susahnya, di daftar peserta yang dirilis panitia juga tidak disebutkan nama varian motornya, hanya ditulis nama pabrikan nya saja.

Sayapun karena tidak datang langsung ke sentul, jadi agak sulit mengkonfirmasi motor apa saja sih yang ikut turun race. Namun berdasarkan keterangan kawan-kawan yang menonton langsung, katanya peserta cukup bervariatif, jauh lebih semarak dibanding indoprix yg hanya diisi 4 fu dan 1 nvl. Di IRS kemarin Satria FU sebetulnya total ada 3. Diluar tim nya Ocvan dan Nico ada 1 lg FU dari tim privateer Riau, namun sepertinya mengalami trouble ditengah race sehingga gagal finish. Dari kubu honda, sepertinya semuanya privateer. Selain CB150R nya ultraspeed, juga ada CB streetfire dari tim Yonex Clinic namun gagal start. Lalu selain CBR150 FI nya bro Echon, juga ada 2 CBR (sepertinya old CBR) dari tim privateer BMS.
Starting grid IRS 150cc

Bagaimana dengan tim Yamaha?

Berdasarkan data peserta, ada 3 tim dari yamaha, seperti terlihat di data Starting Grid hasil QTT (kualifikasi) berikut ini:
QTT 150

No 97, Yamaha Vixion, tim privateer VJ Racing Speed Jakarta. Dikenal luas di kalangan Vixioners karena kepiawaiannya meracik mesin vixion. Sayang di race IRS kemarin mengalami masalah saat warming up mau race. Kabel kondensornya kegerus ban sehingga konslet dan putus sekring sehingga akhirnya gagal ikut start.
VIxion VJRS

No. 127. Jupiter MX 150cc, tim privateer KAKA ABI FDR FIM. Rider Adit Kevin
MX ini sering kali menjadi juara di event Fun Race sentul kecil maupun sentul besar. Terkenal dengan sebutan MX Terong atau MX jantuk. Entah kenapa, saat race kemarin MX ini seperti ketinggalan start, dilepas start terakhir dari pit. Dan sayang mengalami jebol mesin saat mencoba mengejar rombongan depan.
MX terong

No.135. Tammy Pratama, Tim Yamaha Yamalube KYT FDR SND. Banyak orang mengatakan motornya adalah R15 v2. Saya sendiri kurang tau, maklum belum pernah liat penampakan langsungnya, hehe. Tapi ada fotonya yang terjepret kamera dibawah ini. Mungkin pemirsa lebih hafal.
R15 di kejurnas 150cc IRS

Yang sedikit menggelitik benak saya adalah, apakah ini tim Privateer atau tim pabrikan, karena biasanya kalo yang menulis nama pabrikan didepan nama tim adalah tim resmi yg didukung pabrikan. Nama tim Yamaha KYT SND dan pembalap tammy pratama juga tercantum di websitenya YRI seperti disini dan disini. Entah kenapa, katanya kemarin R15 hanya ikut turun race beberapa lap saja, lalu langsung masuk kembali ke pit. Apakah ada keluhan di mesin atau memang niatnya hanya ngukur setingan alias naker doang? entahlah.

PERTEMPURAN MASIH PANJANG KAWAN

Dengan absennya wakil yamaha di 3 besar podium IRS 150cc seri 1 kemarin, apakah itu berarti jagoan jagoan 150cc milik yamaha tidak mampu memberikan perlawanan??

Tetotttt .. salah besar pemirsa.
Jangan pernah sepelekan kemampuan para punggawa garputala. Terlalu prematur untuk menyimpulkan kalau hanya dari satu seri balap saja. Gak usah jauh jauh menunggu tim pabrikan YIMM deh, sepak terjang tim privateer pun saya yakin takkan kalah sangar kalo sudah serius di trek balap. Di ajang fun race misalnya, saya cukup kenyang menyaksikan motor-motor kencang yamaha yang sering bikin kalang kabut lawan. Sebut saja misalnya MX techno, vixion dwayne, maxi motor, dll. Apalagi kalau didukung penuh pabrikan, wih pasti makin pesat risetannya.

Sangat mungkin, cibiran dan ejekan dimedia online akibat absennya tim balap YIMM justru akan memancing antusiasme para jagoan garputala, sehingga mereka keluar sarang semua di seri 2.

So, lupakan euforia seri 1 kemarin. Bersiaplah menunggu pertempuran lebih seru di Kejurnas 150cc seri 2 IRS bulan depan, 21-22 Juni 2014.

Gentlemen,,,Start your Engines !!

Salam,
Satria155

Bonus track.
Sebagai bonus, berikut ini saya hadirkan video kiriman dari bro Wildan (empu si Blackpearl), ia mengintip langsung dari dekat sosok Satria FU besutan Ocvan yg jadi juara 1 kemarin. Thanks ya broo kiriman videonya. πŸ˜€

Cekidot:
Video “Mengintip profil Satria FU Jawara IRS Seri 1”

PS.
Special thanks to kawan kawan SSFC divisi racing dan pak Indrawan WRX atas cukilan-cukilan informasi dan foto-foto dokumentasinya, sangat membantu bahan artikel ini πŸ™‚
Gaspollll trusss braderr.. πŸ˜€
SSFC WRX RACING TEAM



Share Artikel Ini
22 Responses to “Review Balap Kejurnas 150cc IRS Seri 1, FU & StreetFire Unjuk Gigi| Yamaha? Tunggu Gebrakan Seri 2!!”
  1. Mas Wiro May 17, 2014
    • Satria155 May 17, 2014
  2. satellite May 17, 2014
    • Satria155 May 17, 2014
  3. orong-orong May 17, 2014
    • Satria155 May 17, 2014
  4. ep May 17, 2014
    • Satria155 May 17, 2014
    • Satria155 May 17, 2014
  5. Teguh May 17, 2014
    • Satria155 May 17, 2014
  6. Desuka Buitenzorg May 17, 2014
    • Satria155 May 17, 2014
  7. jinnal May 17, 2014
  8. nendara May 17, 2014
  9. Komang/Blow May 17, 2014
    • Satria155 May 17, 2014
  10. ipanase May 17, 2014
    • Satria155 May 17, 2014
  11. bel sekolah May 17, 2014
  12. Mio Thailook May 17, 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google+