Guest Posting : Tips Pertamax Murah Meriah ala “Ichy Spokewheellovers”

Pemirsa…
Ep epe em imir es asa, PEMIRSA !! ๐Ÿ˜€

Seperti pernah saya sampaikan di artikel kemarin; Satria155.com membuka pintu bagi pemirsa yang mungkin tertarik untuk menuangkan ide, pengalaman, cerita, tips n trick, dsb dalam bentuk tulisan/artikel di blog sederhana ini. Saya menyediakan rubrik khusus untuk itu yg saya namai Artikel Tamu atau Guest Post. Topiknya apa? topiknya bisa apa saja. Selama saya anggap bermanfaat dan ada kaitannya dengan dunia roda dua alias motosikal (halahhh motosikal :D). Dan tentunya, sebagai pemilik warung saya akan mereview terlebih dahulu tulisan yang masuk sebelum dipublish untuk pemirsa. Menulis itu menyenangkan, dan lebih menyenangkan lagi apabila tulisan kita bisa memberikan nilai atau ‘value’ untuk orang lain yang membacanya. So, quality in writing is also important.

Nah, artikel tamu kali ini datang dari seorang kawan dunia maya (saya sebut begitu karena memang saya belum pernah bertemu muka dengannya ๐Ÿ™‚ ) bernickname Ichy (kok kayak nama keripik pedas yg dulu bikin heboh itu ya).

Ichy is one of my fellow blogger yang ‘sepertinya’ masih berusia belia, namun jika melihat hasil tulisannya terlihat dewasa (sotoyy banget ya gw :P). Tapi beneran lho, kalo gak percaya monggo aja simak tulisan-tulisannya langsung di blognya; spokewheellovers.wordpress.com

Di tulisan ini, ichy berbagi tips ringan tentang teknik fuel mixing yang biasa diterapkannya. Cekidot.
——-

TIPS PERTAMAX MURAH MERIAH ALA ICHY
Well, ini sebenernya bukan artikel yang berbau teknikal seperti artikel-artikel blognya Om Pahla yang sebelumnya. Tips saya kali ini juga hanya tips biasa yang mungkin para FU-ers sudah mengetahuinya. Namun, saya lihat belum ada artikel seperti ini di arsip blognya Om Pahla, dan mungkin masih ada yang belum mengetahui tips ini. Jadi kali ini saya akan sedikit berbagi tips ringan untuk membuat Pertamax murah meriah, ala saya sendiri.

Belakangan kita dihebohkan dengan wacana naiknya harga BBM dengan 2 harga. Karena takut pengeluaran bensin membengkak, akhirnya, banyak dari kita yang terpaksa memakai bensin bersubsidi untuk Satria FU kesayangan. Padahal seperti yang kita tahu, mesin Satria FU memiliki rasio kompresi 10,2:1 yang notabene harus memakai bensin yang beroktan minimal 92 atau setingkat Pertamax. Ada juga yang memakai bensin premium yang dicampur Octan Booster dengan harapan, kualitas bensin akan meningkat menjadi setara dengan Pertamax. Padahal, Octan Booster hanya dapat meningkatkan oktan bensin beberapa poin saja. Selain itu, penggunaan Octan Booster yang berupa padatan juga beresiko menjadi โ€œkerakโ€ didalam tangki bensin.

Nah, ketimbang menempuh dua trik tersebut yang kurang baik untuk kesehatan mesin, saya memilih jalan lain yang tidak mengganggu kesehatan mesin, dan juga tidak mengganggu โ€œkesehatanโ€ dompet. Caranya? Dengan meracik sendiri bensin Pertamax. Ya, dengan mencampur bensin Premium dengan Pertamax+, kita akan mendapatkan kualitas bensin yang setara dengan Pertamax. Well, believe it or not. Dibanding dengan membeli Pertamax yang asli, cara ini menghemat pengeluaran bensin kita untuk Satria FU kesayangan karena jika dihitung, harga bensin racikan kita sendiri ini lebih murah perliternya dibanding Pertamax yang asli.
Nah, cara ngeracik bensinnya gimana tuh?

Yang paling baik adalah dengan perbandingan 1:1. 1 Liter Pertamax+ dicampur dengan 1 liter premium, jika 2 liter Pertamax+ dicampur dengan 2 liter Premium, dan seterusnya. Namun, karena ini termasuk trik yang sudah lama ada maka banyak metode dalam meraciknya. Nah, saya memakai metode saya sendiri, full to half:

1. Isi Satria FU dengan Pertamax+, sampai tangki bensin penuh
2. Ketika fuelmeter menunjukkan bensin di tangki tinggal setengah, isi dengan premium hingga penuh
3. Nantinya, ketika fuelmeter kembali menunjukkan bensin di tangki tinggal setengah isi kembali dengan Pertamax+. Begitu seterusnya.

Mudah bukan? Anda hanya tinggal mengingat, apa bensin yang anda gunakan terakhir kali.
Wah, gampang tuh. Tapi ngerusak mesin ngga tuh pake bensin dicampur-campur gitu?

Saya sendiri sudah memakai trik ini dari tahun 2009 dengan motor saya, Suzuki Smash lansiran tahun 2005. Dan alhamdulillah sampai saat ini belum ada masalah apapun. Jika komposisi bensinnya pas (Premiumnya tidak lebih banyak dari Pertamax+), saya rasa tak masalah. Malah cara ini lebih baik untuk menjaga kondisi mesin agar tetap prima, jika dibanding hanya memakai Premium atau Premium campur octan booster

Oh iya, untuk meyakinkan pembaca sekalian jika trik ini terbukti lebih murah, mari lakukan simulasi berikut.
Tangki satria FU mempunyai ukuran tangki 4,9 L. Untuk memudahkan penghitungan, dibulatkan jadi 5 L. Kita patok harga sesuai daftar harga per April 2013, Premium Rp 4.500,-/liter, Pertamax Rp 9.700,-/liter, dan Pertamax + Rp. 10.400,-/liter
Dengan Pertamax Murni : 5 Liter x Rp 9700 = Rp 48500,-
Dengan Pertamax Racikan : 2,5 liter premium x Rp 4500,-/liter = Rp 11250,-
2,5 liter pertamax+ x Rp 10400 = Rp 26000,-

Rp 11250 + Rp 26000 = Rp 37250,-
Selisih : 48500-37250 = Rp 11.250,- Bedanya lumayan kan?

Demikian yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatian para pembaca sekalian

Best Regards,
Ichy
Spokewheellovers.wordpress.com

10 Responses to “Guest Posting : Tips Pertamax Murah Meriah ala “Ichy Spokewheellovers””
  1. Yoshi April 24, 2013
    • Satria155 April 24, 2013
  2. Nanang Bhramantya April 24, 2013
    • Satria155 April 24, 2013
  3. Nanang Bhramantya April 24, 2013
  4. ichynimous April 24, 2013
    • Satria155 April 24, 2013
  5. hadi April 24, 2013
    • Satria155 April 24, 2013
  6. leogazeboocki April 24, 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google+