Modifikasi Noken As Double IN di Satria FU Standar| Trik Sederhana, Hasil Membahana

Share Artikel Ini


Noken As, alias Camshaft, alias Kem, alias Poros Bubungan. Istilah otomotif ini rasanya sudah tak asing lagi di telinga pemirsa, apalagi untuk kalangan rider roda dua yang doyan modifikasi mesin tunggangannya. Peranti vital dalam mekanisme kerja mesin empat langkah ini bahkan sering diklaim sebagai “Kuncian Utama Penentu Performa Mesin 4tak”. Wuihh…keren banget ya mahluk bernama ‘noken as’ ini, hehe.

PENGERTIAN DASAR NOKEN AS
Untuk sebagian kalangan rider yang masih baru mengenal permotoran pasti bertanya, Sebenernya apa sih Noken As itu? kok bisa sampai diberikan tempat seterhormat itu dalam seni modifikasi performa mesin 4 tak?

Hmm..disinilah masalahnya. hehe. Terus terang saja, walau sudah banyak ulasan dan penjelasan dimana-mana seputar noken as (entah itu di tabloid, internet, ataupun obrolan teman) tetap saja bukan perkara gampang memahami part yang satu ini. Setidaknya itu yang saya rasakan, entah karena memang saya yang dasarnya awam atau mungkin emang lemot, yg jelas terasa susah sekali otak ini mencerna penjelasan tentang noken as dibanding part motor lainnya. Desain dan mekanismenya kompleks, aplikasi dan implikasinya juga ruwet bin njelimet karena terkait erat dengan mekanisme mesin yang lain. Ilmu noken as ini sangat technical sehingga bikin malas mempelajarinya, akhirnya nyerah dan cukup puas dengan mengetahui basic kerjanya saja, selebihnya biar mekanik beneran aja deh yang ngurusin soal noken as ini. hehehe. Puyeng pemirsa :D. Ane tau ngegas enak aja dah..haha.

Untuk basicnya, penjelasan sederhana dari dua sumber terpercaya berikut ini rasanya cukup sebagai pengantar:

Pengertian Noken As menurut Wikipedia :

“Poros bubungan (bahasa Inggris: camshaft) adalah sebuah alat yang digunakan dalam mesin torak untuk menjalankan valve poppet. Dia terdiri dari batangan silinder. Cam membuka katup (Klep) dengan menekannya, atau dengan mekanisme bantuan lainnya, ketika mereka berputar”


Pengertian Noken As menurut buku Modern Engine Tuning by A. Graham Bell:

“A Camshaft is a simple device designed to open and close the inlet and exhaust valves in harmony with movement of the piston within the cylinder”
Artinya : “Noken As adalah alat sederhana yang didesain untuk membuka dan menutup Klep Masuk dan Klep Buang supaya selaras dengan gerakan Piston didalam silinder”

Begitulah pemirsa, peran Noken As menjadi sangat penting karena merupakan otak utama yang mengatur Buka Tutup Klep yang notabene adalah gerbang masuk dan keluar pasokan bahan baku tenaga motor. Dari sinilah lalu ‘beranak’ lagi istilah-istilah seputar noken as seperti Durasi, Lift, Lobe Center, LSA, Overlap, Kompresi Dinamis, Profil Kem, Clearance, Ramp, Base Circle, Flank, Nose, dll yang pastinya bakal bikin kepala kita pening untuk memahami semuanya :D. Pemirsa dapat googling dan mencari referensi sendiri yang banyak tersedia diluar sana bila ingin mempelajari lebih dalam soal ilmu noken as ini.

KEM IN IN (DOUBLE IN), THE LUXURY OF DOHC ENGINE
Ngemeng ngemeng soal noken as atau kem, baru saja kemarin saya mendapati obrolan hangat di forum diskusi para FU-ers yang membahas aplikasi KEM IN IN di satria FU. Apa sih Kem IN-IN atau double IN itu? Simpelnya saja, pada mesin DOHC (Double Over Head Camshaft) seperti satria FU terdapat dua batangan noken as, yaitu 1 batangan KEM IN dan 1 batangan KEM EX.
Noken As yang satu disebut KEM IN karena hanya berfungsi mengatur buka tutup klep masuk
Noken As yang satu lagi disebut KEM EX atau Kem OUT karena hanya berfungsi mengatur buka tutup klep buang

Nah, pada beberapa waktu belakangan ini muncul trend baru pada modifikasi mesin satria FU yang menerapkan aplikasi cukup nyeleneh, yaitu dengan mengganti pasangan default KEM IN – KEM EX menjadi KEM IN – KEM IN. Artinya batangan kem EX dilengserkan dan digantikan tempatnya oleh batangan KEM IN juga. Sehingga disebut KEM Double IN. Cara ini sekarang mulai populer diaplikasikan oleh para FUers untuk mendapatkan performa yang lebih beringas dari standarnya. Secara ekonomis, trik kem double in standar juga lebih murah dibandingkan harga sepasang KEM Racing Aftermarket ataupun biaya jasa memprofil ulang KEM IN EX standar.

Banyak yang mengatakan, bahwa trik kem IN IN ini sebetulnya bukan barang baru. Konon, sudah sejak lama banyak tuner tanah air yang mengaplikasikan trik ini di satria FU pada khususnya atau mesin DOHC pada umumnya. Namun mungkin karena dulu populasi Satria FU dan gemerlap modifikasinya belum segegap gempita seperti sekarang, sehingga trik kem In In ini kurang terekspos. Bahkan menjadi semacam Jurus Rahasia karena diterapkan sebatas pribadi dan hanya sedikit orang yang mendengarnya. Di kalangan komunitas FU sendiri, trik kem double IN ini baru mencuat kepermukaan dikisaran tahun 2011 ketika saat itu Satria Den Bagus 30 DK milik bro Wildan Zuhdi dipublikasikan menggunakan KEM In-In, setelah itu kemudian semakin ramai diperbincangkan dan dicoba diterapkan oleh banyak FU rider lainnya. FU lain selain den bagus yang pernah saya ulas diblog ini yang juga memakai KEM double IN adalah si Jago Merah nya bro Frido dari Jogjakarta.

MODIFIKASI NOKEN AS SATRIA FU DOUBLE IN, TUTORIAL BY BRO CHANDRA ADRIAN

Walau sudah lama dan lumrah diketahui keberadaan trik kem IN IN ini, pada prakteknya tetap saja tak semudah yang dibayangkan. Tak banyak rider FU yang berani gegabah mencoba mengaplikasikan trik ini di satria FU nya. Termasuk saya sendiri juga belum pernah menjajalnya di FU saya, mengingat resikonya cukup besar apabila bukan ahlinya yang megang, hehe.

Beruntung, seorang kawan dunia maya yang saya kenal melalui forum group SSFC di facebook -namanya brader Chandra Adrian-, datang memberi pencerahan. Bro chandra ini adalah seorang FUers dari Kota Palu yang juga berprofesi sebagai mekanik dan tuner jempolan. Dengan senang hati, ia sudi membagi ilmu dan pengalamannya untuk para FU rider yang ingin menerapkan Kem IN-IN di tunggangannya. Atas izin bro chandra, berikut ini saya tampilkan step by step Tutorialnya untuk anda semua pemirsa satria155.com

Enjoy…

TUTORIAL PEMASANGAN KEM DOUBLE IN DI SATRIA FU STANDAR
Courtesy of bro Chandra Adrian

Pemasangan Noken As in in konon akan membuat napas dan power motor anda bertambah. Namun kendala yang sering dialami adalah bagaimana cara memasangnya?? hehehe…Berikut ini adalah teknik pemasangannya :
Top Timing KEM Satria FU

Gambar di atas adalah pasangan standar noken dimana pada gigi timing EX garis penunjuk angka 1 akan sejajar dengan blok, penunjuk angka 2 akan ke atas, dan jarak antara penunjuk angka 2 timing EX dan penunjuk angka 3 pada gigi timing IN berjarak 16 mata.
Top Kem IN - EX Standar

Setelah Noken Standar dipasang seperti gambar diatas, langkah selanjutnya adalah dengan melepas noken EX dengan tidak merubah posisi rantai timing di noken IN. Kemudian pasang gigi timing ex yg baru (noken IN yang untuk EX) dengan posisi gigi timing dan noken sebagai berikut: (Ubahan ini menggunakan lobang aslinya jadi gak bikin lobang baru di gigi timing)
Kem IN untuk di posisi EX

Setelah terpasang gigi timing di noken IN dengan posisi seperti gambar diatas, lalu pasang noken IN tersebut di posisi EX yang baru dengan posisi seperti gambar dibawah ini:
Kem IN - IN 18 Mata
Keterangan :

  • Jarak antara penunjuk 3 noken in dan penunjuk 1 noken ex adalah 18 mata
  • Teknik pemasangan selain yg d bahas adalah seperti biasanya
  • Semua posisi d atas adalah dalam posisi top
  • Shim udah d setting terlebih dahulu

Anda tak kan pernah tau bagaimana rasanya jika anda tak mencobanya, hehe
Selamat Mencoba…..

Testimoni pribadi dari bro Chandra soal efek pemakaian Kem In In di satria FU racikannya:
“Selama make beberapa puluh jam terakhir, nafas motor d rpm tengah jadi makin padet, napas motor d rpm tinggi jd lebih jalan dan bertenaga….”

———-
Hmmm…bagaimana pemirsa, anda tertarik mencobanya?
Jika merasa kurang jelas dengan penjelasan diatas, silahkan konsultasi langsung dengan bro Chandra di link Facebooknya DISINI. O iya, selain jago seting noken as, bro Chandra ini juga recommended seller dan tuner untuk berbagai jamu dan doping satria FU, hehe. Mau paket bore up? stroke up? atau standard ngacir? Beresss…brader yang satu ini tau betul kebutuhan batin para FU mania,,,hehehe..lha wong doi juga FU holic kok..:D

Semoga bermanfaat,
Satria155



Share Artikel Ini
88 Responses to “Modifikasi Noken As Double IN di Satria FU Standar| Trik Sederhana, Hasil Membahana”
  1. Yovie Elda Yuliana May 28, 2013
  2. Yovie Elda Yuliana May 28, 2013
  3. Indra Putra Utama May 28, 2013
    • Pahla Gumelar May 28, 2013
    • Indra Putra Utama May 28, 2013
    • Wahyu Dwi May 28, 2013
  4. Indra Putra Utama May 28, 2013
  5. Wildan d'Abnormal May 28, 2013
  6. Wildan Budiman May 28, 2013
  7. Fandian Harsya May 28, 2013
    • Must Ecko May 28, 2013
    • Fandian Harsya May 28, 2013
    • Must Ecko May 28, 2013
    • Fandian Harsya May 28, 2013
  8. Fandian Harsya May 28, 2013
  9. Must Ecko May 28, 2013
  10. Fandian Harsya May 28, 2013
  11. Must Ecko May 28, 2013
  12. Fandian Harsya May 28, 2013
  13. Pahla Gumelar May 28, 2013
  14. Chandra Adrian May 28, 2013
  15. Chandra Adrian May 28, 2013
  16. Riez Fu May 28, 2013
    • Satria155 May 28, 2013
    • Chandra Adrian May 28, 2013
  17. Riez Fu May 28, 2013
  18. Riez Fu May 28, 2013
  19. Riez Fu May 28, 2013
  20. Indra Putra Utama May 28, 2013
  21. Chandra Adrian May 28, 2013
  22. Herry Heryanto May 28, 2013
    • Satria155 May 28, 2013
  23. Si Item Fu May 28, 2013
    • Si Item Fu May 28, 2013
    • Satria155 May 28, 2013
      • supra yogo May 28, 2013
  24. Si Item Fu May 28, 2013
  25. Si Item Fu May 28, 2013
    • Satria155 May 28, 2013
  26. Keroro May 28, 2013
    • Satria155 May 28, 2013
  27. wisnu May 28, 2013
  28. wisnu May 28, 2013
  29. Nanang Bhramantya May 28, 2013
  30. Nanang Bhramantya May 28, 2013
  31. Wahyu Dwi May 28, 2013
  32. Pukiez Jr. May 28, 2013
  33. Pukiez Jr. May 28, 2013
  34. boy May 28, 2013
  35. Ronald Hamdani May 28, 2013
  36. Ronald Hamdani May 28, 2013
  37. pranantya May 28, 2013
  38. yonozx May 28, 2013
  39. yonozx May 28, 2013
  40. nugroho dwi May 28, 2013
  41. yonozx May 28, 2013
  42. cloudhy84 May 28, 2013
  43. mochyuga May 28, 2013
  44. Van Basten May 28, 2013
  45. Eko Sulistyono May 28, 2013
  46. ihsan murkab May 28, 2013
  47. juli hadi May 28, 2013
  48. hudiantoni May 28, 2013
  49. Satria FUers May 28, 2013
    • Satria155 May 28, 2013
  50. Doses Core Miftachul May 28, 2013
  51. Doses Core Miftachul May 28, 2013
  52. Hamada Anzi May 28, 2013
  53. Sutan Syah May 28, 2013
  54. choks pc May 28, 2013
  55. rahmat yaya May 28, 2013
    • adryan May 28, 2013
  56. adi May 28, 2013
  57. KT610 - lover May 28, 2013
  58. m yasir fathul adzim May 28, 2013
  59. Zinus May 28, 2013
  60. fajar May 28, 2013
  61. ari handoko May 28, 2013
  62. ari handoko May 28, 2013
  63. Groho May 28, 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google+