Duel Seru Satria FU vs Vixion di FUN RACE Sentul Kecil

Share Artikel Ini


Artikel Duel Satria FU vs Vixion ini saya tulis ulang karena artikel aslinya lenyap akibat blog eror beberapa minggu lalu.

Ceritanya di penghujung 2013 kemarin, saya berkesempatan menonton acara FUN RACE Seri 6 di sirkuit sentul gokart/karting atau yang biasa disebut Sencil (sentul kecil). Event ini diprakarsai D’Event organizer yang digawangi oleh bro Doedy. Walaupun hanya bertajuk ‘fun’ race, event komunitas ini makin hari semakin populer dan laris manis diserbu para peserta maupun penonton. Kebanyakan peserta datang dari komunitas / klub motor, bengkel, maupun individu yang ingin berlatih atau sekedar menyalurkan hobi cornering di sirkuit.

O iya, dievent ini panitia fun race tidak membatasi spek motor. Tak ada pemeriksaan atau scrutening. Yaa namanya juga fun race pemirsa, yang lebih diutamakan adalah unsur fun nya :). Jadi panitia juga gak mau terlalu ribet soal regulasi. Yang penting peserta hepi, puas nyicipin sirkuit. Selama motor nya kuat, bebas dipersilahkan oprek motor masing masing sesukanya :-). Toh biasanya memang malah melempem kalo spek motor nya ketinggian, misalnya maen bore up atau stroke up terlalu tinggi. Power motor boleh aja gede, tapi kalo cuma kuat 201 meter buat apa? hehe. Motor jadi rawan problem di trek road race seperti sentul karena daya tahan mesin tidak sekuat standaran. Mesin belum tentu selamat disiksa ber lap-lap di sirkuit. Motor dengan ubahan secukupnya justru lebih leluasa untuk gaspoll, engine break, hard breaking, dsb.

Oke, jadi akhirnya hari minggu itu walaupun datang kesiangan, sayapun menyempatkan diri ke sencil menyaksikan tontonan seru ini. Ada banyak kelas race yang diselenggarakan, antara lain kelas matic, bebek4tak, bebek 2tak, omr mx, sport 4tak, sport 2tak, omr scorpio, dan kelas byson dan tiger.

Dari banyak kelas tersebut, sebagai seorang fuers tentu saja yang paling menarik perhatian saya adalah race kelas sport 4tak. Karena di kelas inilah satria fu dikelompokan jadi satu dengan motor-motor sport batangan seperti vixion, cb150R, dan cbr150. Seruuu kann…..^_^

Saat saya datang sekitar jam 12 siang, sesi kualifikasi dan free practice ternyata sudah selesai. Para peserta sedang istirahat makan siang dan setelah itu langsung dilanjut ke sesi race.

RACE TREK KERING

Siang itu cuaca awalnya cukup cerah, saya memilih nonton dari tribun penonton di depan grid start supaya viewnya lebih luas. Di cuaca kering seperti ini, beberapa kelas yang digelar lebih awal seperti kelas matic, bebek4tak, dan bebek 2tak pun berlangsung seru, apalagi aspal sentul kecil kabarnya baru selesai diaspal ulang. Di trek kering para peserta bisa puas membeset kuda besi tunggangannya semaksimal mungkin.

Beberapa cuplikan momen-momen race kelas bebek dan matic bisa dilihat dibawah ini. Klik untuk memperbesar. Foto-fotonya saya ambil dari facebook D’Event:

Video Sesi Race Kelas Bebek 4tak:

RACE TREK BASAH

Sampai kelas bebek 4tak selesai, cuaca masih cerah. Namun apes, saat sedang persiapan kelas sport 4tak hujan datang mengguyur. Apa mau dikata, anjing menggonggong kafilah berlalu. The show must go on pemirsa. Toh curahan hujan tak membuat antusiasme peserta dan penonton surut. Maka race pun tetap dilanjutkan sesuai jadwal, seperti diberitakan oleh Sportku.com disini.

Satu persatu peserta kelas sport 4 tak memasuki trek untuk warming up lap dan akhirnya berbaris menanti bendera start dikibarkan. Terlihat diantara barisan peserta ada satria fu, vixion, CB150R Streetfire, CBR150, dan bahkan GL (kalo saya tdk salah lihat). O iya, untuk penentuan urutan starting grid tidak dilakukan kualifikasi (qtt), melainkan diundi/dikocok karena waktu yang terbatas tidak memungkinkan bila harus ada kualifikasi terlebih dahulu.

Dan akhirnya, ditengah guyuran hujan bendera start akhirnya dikibarkan. Lepas start para rider langsung berlomba memacu motor supaya bisa masuk ke tikungan pertama lebih dulu.

Video Start dan Lap 1 kelas Sport 4 tak, Wet Race

Jika dibandingkan race kelas sebelumnya, ritme race kelas sport ini memang terlihat lambat ditengah kondisi hujan. Tak seseru seperti tontonan race di trek kering. Karena memang para rider tak bisa pol-polan memacu motor atau melibas tikungan dengan kecepatan tinggi seperti biasanya. Walhasil sepanjang race gak ada tontonan adu kebut maupun aksi kneedown ditikungan, hehe. Lha jangankan buat nidon pemirsa, buat nikung biasa aja banyak rider yang terpaksa turun kaki untuk menjaga keseimbangan dan kemiringan motor supaya gak tergelincir.

Wajar bila para rider lebih memilih bermain aman daripada ngotot trus jatoh. Apalagi rata rata peserta sepertinya juga tak mempersiapkan cadangan ban basah untuk antisipasi kondisi wet race. Atau mungkin bawa tapi tak sempat mengganti karena hujan yang turun mendadak. Tapi tak apa, race tetap cukup seru terutama di lap terakhir.

DUEL SATRIA FU VS VIXION DI TREK BASAH

Di lap pertama, awalnya bro angga dari ssfc subang yang terlihat memimpin kelompok depan. Namun posisinya tak bertahan lama, pertengahan lap kedua beberapa rider vixion dan fu lain berhasil menyusul. Lepas 3 lap, praktis hanya ada dua rider yang berlomba bergantian memperebutkan posisi terdepan. Yaitu FU bernomor 115 dan Vixion nomor 123 dari Dwayne Racing. Duel dua rider ini semakin sengit memasuki lap terakhir. Hingga akhirnya sang satria fu menyentuh garis finish lebih dulu dan keluar sebagai pemenang lomba.

Berikut ini beberapa cuplikan momen duel satria fu No 115 dari ACSA Racing Team vs Vixion No 123 dari Dwayne Racing, sumber dari arsip foto D’Event:
satria fu vs vixion 2

satria fu vs vixion 3

satria fu vs vixion 4

satria fu vs vixion 5

satria fu vs vixion 1

Ini rekaman Video lap terakhir tersebut:

PROFIL SANG PEMENANG

Bro Gono RagilNah, untuk anda pemirsa setia satria155.com, selepas acara tersebut saya mencoba mencari tau profil satria fu yang berhasil keluar sebagai pemenang duel seru itu. Selidik punya selidik, ternyata FU itu milik seorang FUers yang suka kongkow juga di komunitas SSFL (Suzuki Satria FU Lovers). Nama pemilik FU nya bro Gono. Ia juga sering turun latihan di acara fun race namun pas seri kemaren fu nya dibawa oleh temannya yaitu bro Dovi. FU bro Gono biasa dipanggi dengan sebutan Si Cemong.

Apa sih rahasianya Satria FU tunggangan bro gono hingga bisa tampil gesit di trek sencil kemarin?

Satria FU Podium 1Tentu saja hasil memuaskan yang dicapainya kemaren adalah buah dari kombinasi skill joki dan performa mesin yang ciamik. Di race kemarin, bro dovi yang bawa si cemong tetap pede melahap trek berair karena sudah antisipasi dengan memakai tipe ban yg lebih bersahabat dgn trek basah. Sedangkan urusan kilik kilik performa mesin, si cemong dipercayakan garapannya ke bro Ruly selaku tuner Ruly Motor Sport (RMS) yang bermarkas di Cipinang Jakarta timur.

Penasaran ingin tahu spek Satria FU nya bro Gono? ini dia bocoran spek si cemong yang saya peroleh langsung dari empunya:

  • Satria FU 2009
  • Piston : 66mm
  • Stroke : 52,8mm
  • CDI : BRT Powermax
  • Karbu Keihin PE28
  • Knalpot : Jonea
  • Gear : 14 – 40

Cemong2

563990_455191211265434_140698031_n

Cemong3

Cemong1

12360_361658007285422_1531650322_n

Well, congrats yaa buat si cemong dan bro gono. Semoga bisa semakin berprestasi di seri-seri fun race berikutnya.

Sebagai penutup, kamera hp saya kebetulan waktu itu menangkap momen menarik menjelang finish di kelas Supermoto. Seorang peserta yang sedikit lagi mencapai finish posisi 3 secara mendadak terjungkal dan jatuh ke aspal padahal garis finish tinggal beberapa meter lagi.

Wet Race is Dangerous !!

See you another time,
Satria155



Share Artikel Ini
19 Responses to “Duel Seru Satria FU vs Vixion di FUN RACE Sentul Kecil”
    • Satria155 January 30, 2014
  1. Permana Triaz January 30, 2014
  2. Permana Triaz January 30, 2014
  3. Dwi January 30, 2014
  4. Yasin Tok January 30, 2014
  5. Ayead January 30, 2014
  6. Dwi Fadila Kurniawan January 30, 2014
  7. dika January 30, 2014
    • Satria155 January 30, 2014
      • dika January 30, 2014
        • Satria155 January 30, 2014
  8. ipanase January 30, 2014
  9. Algi Ayah Nya Bunda January 30, 2014
  10. Rizky Pratama January 30, 2014
  11. mx vs satria f January 30, 2014
  12. godseeker99 January 30, 2014
  13. aldiyoo January 30, 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google+