Tips ‘n Trick Per Kopling Smash di Satria FU ala Den Bagus| Harian Sedap Balapan Mantap!

Pada artikel sebelumnya tentang 3 Jurus Terlaris Tingkatkan Performa Kopling Satria FU, saya menulis tentang tiga modifikasi sederhana yang populer diaplikasikan para FUers untuk meningkatkan kinerja kopling satria FUnya. Dimana salah satu komponen kopling yang mendapat ‘sentuhan jurus’ tersebut adalah Per kopling atau istilah kerennya “spring clutch”. Terkait sektor per kopling ini, pilihannya pun ada 3 juga: Mengganti per standar dengan Per Racing (aftermarket), Mengganjal Per standar dengan ring, atau Substitusi per standar fu dengan per kopling motor lain.

Untuk dua pilihan pertama sudah cukup saya bahas di artikel tersebut. Silahkan baca lagi disana kalau belum jelas. Nah terkait dengan option ketiga yaitu substitusi dengan per kopling bawaan motor lain, beberapa alternatif substitusi pun beredar dan ramai diterapkan para FUers. Dari hasil pengamatan saya dibanyak obrolan komunitas FU rider, beberapa nama yang cukup santer diperbincangkan adalah Per kopling suzuki smash dan per kopling ninja rr.

Belakangan juga muncul nama per kopling Shogun FL turut meramaikan. Untuk per shogun fl ini, namanya baru muncul belakangan jadi belum begitu populer. Menurut para pemakainya sih, dimensi diameter per shogun fl sama dengan per kopling standar fu jadi tinggal pasang aja. Berbeda dengan perkop smash atau ninja, diameternya lebih besar sehingga perlu pembesaran lubang/rumah per di disc pressure supaya muat. Oleh karena perlu penyesuaian, maka dua nama terakhir inilah yang jadi fokus ulasan pada artikel ini.

Pemirsa, seperti yang sempat saya singgung di akhir tulisan kemarin, saya sendiri terus terang bukan praktisi trik substitusi perkopling. Belum pernah mencobanya langsung karena sampai hari ini saya masih setia dengan per kopling standar diganjel ring saja. Walau begitu, saya tak patah arang untuk mencoba menampilkan ulasannya diblog ini, demi anda pemirsa setia satria155.com. ^_^

Sebetulnya, praktek pemakaian perkop smash ini bukanlah barang baru di dunia korek mesin. Bebek bebek balap baik liaran atau resmian sudah biasa pake trik ini. Tapi jarang yang mau berbaik hati mengulasnya untuk umum. Beruntung, Bro wildan zuhdi yang sudah lama memakai per kopling smash di FU Den Bagus nya bersedia membagi pengalamannya disini. Rider FU domisili pulau Bangka ini memang punya ‘passion’ yang tinggi terhadap berbagai pernak pernik modifikasi satria FU. Ia pun tak segan berbagi setiap info perkembangan riset FU terbaru yang sebagian besar didapatnya dari hasil berguru di padepokan mas Londo di lereng gunung merapi :).

Dan dari hasil obrolan saya dengannya lah, berikut ini saya rangkum tips yang diberikan bro Wildan Zuhdi tentang aplikasi per kopling smash, ninja, atau tiger di satria FU.

TIPS APLIKASI PER KOPLING SMASH, NINJA, TIGER DI SATRIA FU ALA DEN BAGUS
———
Preambule, berikut ini sebuah kata pengantar dari bro Wildan Zuhdi :

Riset ini bertujuan untuk meningkatkan performa kerja kopling supaya maksimal dengan biaya yang re