Tips Pemasangan CDI Mio 5TL di Satria FU 150 Lama

Share Artikel Ini


CDI racing untuk satria fu masa kini sudah bukan barang aneh lagi. Beraneka ragam merk dan type cdi racing mudah ditemui dipasaran. Dari yang harga ratusan ribu sampai berjuta juta juga ada.

Walau begitu, beberapa kalangan banyak juga yang lebih percaya dengan trik mencaplok cdi standar bawaan motor lain untuk dipakai di Satria FU nya. Sebut saja misalnya cdi shogun kebo yang dari dulu sampai sekarang masih melegenda dan banyak dipakai terutama di arena balap liaran.

Nah kali ini, satria155.com ingin memberikan tips seputar aplikasi cdi Mio 5TL di motor satria FU. Tips ini datang dari salah seorang kawan saya bro Chandra Adrian dari Bartech Motorsport Palu. Pemirsa pasti gak asing lagi lah sama bro Chan karena tulisan dia sebelumnya tentang Tips pemasangan kem IN-IN juga pernah dimuat dan jadi hits di blog ini.

CDI Mio berkode 5TL adalah cdi bawaan Yamaha mio keluaran lawas (mungkin kisaran 2004-2006 cmiiw) dan konon lebih kuat mendongkrak tenaga di putaran bawah – menengah. Tips berikut ini, hanya diperuntukan untuk satria fu keluaran lama (Non AHO) alias yang lampu nya gak otomatis nyala waktu motor dihidupkan.

Oke langsung saja, berikut ini tutorialnya saya salin langsung dari tulisan bro Chan.

Step by Step Pemasangan CDI Mio 5TL di Satria FU lama

by Chandra Adrian

Jalanan macet dan mendaki kadang menjadi momok untuk sebagian pengguna satria FU, hal ini terjadi karena kurangnya torsi satria fu yang memiliki konfigurasi over bore (48.8 x 62mm). Jadi agak susah untuk berakselerasi di rpm rendah. hehehe.

Untuk mengakali hal tersebut, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan tanpa melakukan operasi besar, yaitu dengan mengaplikasikan cdi mio 5TL yang dikenal ganas di rpm bawah tengah.

Tentu ada rubahan-rubahan yang perlu dilakukan, di antaranya merubah soket cdi. Soket cdi fu dan mio sebenernya adalah sama, namun ada beberapa perbedaan konfigurasi kabelnya.
Kemudian harus merubah pickup magnet fu untuk menyesuaikan timing pembacaan pickup magnet fu menjadi mio.

Berikut ini adalah step by step pemasangannya nya..
CDI Mio 5TL di Satria FU

Nah konfigurasi nya di bikin seperti yang di atas:
1. Koil (putih biru)
2. Massa hitam (hitam-putih)
3. DC 12 (orange)
4. Negatif pulser (hijau putih)
5. Positif pulser (biru kuning)
6. NC (not connected)

*catatan : supaya tacho bisa tetep jalan kabel yang ke tacho ( biru-putih) d jump ke positif pulser (biru kuning)
Modif Pick Up magnet Satria FU
Bongkar magnetnya dengan cara membuka bak magnet, kemudian lepas magnetnya.

Nah karena panjang dan offset pickup beda-beda, perlu penambahan panjang pickup 18 mm searah puteran mesin. Dengan cara dilas listrik, sebisa mungkin jangan kelamaan mantengin las listriknya, dan harus segera di siram air, ulangi proses sampe dapet tebal dan panjang pickup yg diinginkan. Kemudian bubut dan gerinda ujung-ujung pickup untuk merapikan pickupnya

Kemudian pasang cdi, pasang magnet. pasang bak nya, siap di gas…
Dan jangan lupa di jetting lagi karburatornya.

Semoga bermanfaat



Share Artikel Ini
7 Responses to “Tips Pemasangan CDI Mio 5TL di Satria FU 150 Lama”
  1. dentria August 19, 2014
  2. seputar motor August 19, 2014
  3. Karburator Keihin Pe 28 August 19, 2014
  4. Fu user August 19, 2014
  5. a saimima August 19, 2014
  6. Sang Mechanic August 19, 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google+