Tips Ngeblog | Setahun satria155.com | Sering Update = Blog Makin Rame??

Share Artikel Ini


Tak terasa, setahun sudah berlalu sejak saya pertama kali melahirkan blog kecil ini ke dunia maya. 28 September kemarin www.satria155.com ini genap berusia satu tahun. Sedikit masgul, karena dulu sempat punya ide untuk membuat sesuatu yang special jika tiba saatnya hari ulang tahun blog sederhana ini, entah itu berupa artikel spesial, merchandise, kuis, atau apapun lah bentuknya. Namun apa daya; rencana tinggal rencana. Agenda pekerjaan kantor bulan ini benar-benar padat.

Pekerjaan sehari sehari saya yang bergelut dibidang Event Organizer memang seringkali menuntut saya melancong keluar kota untuk eksekusi event. Sayangnya, tepat dibulan ultahnya blog malah kebagean dua event luar kota garapan kantor yang kadung tersusun berdempetan sambung-menyambung sepanjang bulan september. Dari jakarta ke bandung lalu ke bali, disusul rencana pelesiran ke malaysia awal bulan oktober ini, nonton moto gp sepang bareng sohib fuers dari ssfc. Padat pemirsaa….:D

PRODUKTIVITAS MENULIS vs TRAFFIC (Jumlah Pengunjung)
Praktis, selama dua bulan berjalan saya hanya sanggup menelurkan dua artikel saja di blog ini. Artikel den bagus sebelum lebaran, dan artikel sinta awal september lalu. Sangat tidak produktif :(. Saya sudah membayangkan para pemirsa pasti malas mengunjungi blog ini lagi akibat jarangnya artikel baru yang terbit. Traffic anjlok atau menurunnya jumlah pengunjung jadi konsekuensi logis bagi blog/web yang jarang update.

Tapi apakah benar begitu ?
Surprisingly, it did not happened.

Laporan statistik blog September 2013 justru mencatatkan kebalikannya. Trendnya malah meningkat, bahkan 98.341 pageview selama bulan september menjadi pencapaian baru yg lebih tinggi dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Statistik Traffic Sept’2013
Traffic september
Kontradiktif memang, disaat produktivitas artikel blog menurun, traffic kunjungan kok malah meningkat??

Pertanyaan ini yang coba saya jawab sendiri di artikel ini. For your record, sejak lama memang saya membuat kategori artikel khusus disini selain artikel motor, yaitu artikel sharing seputar Blogging. Non Otomotif, namun mudah2an bisa bermanfaat untuk pembaca yang juga blogger ataupun pemirsa yang berniatan untuk mulai membuat blog sendiri.

BLOG TRAFFIC = MOTIVATION
Duluu saat memulai blog ini saya pernah berangan-angan, ingin mencapai 100rb page view/bulan diusia setahun blog ini, yahhh lumayan lah saat ini mendekati juga walau masih kurang dua ribu dari targetnya :).

Lho mas, ngeblog kok ditarget gitu??
Hehe, sebagian pembaca atau sesama bloger boleh saja mencibir atau menganggapnya norak atau lebay. Tapi tahukah anda? Ratusan, ribuan bahkan mungkin lebih banyak lagi blog baru bermunculan setiap harinya di internet. But time will tell, sebagian besar blog hanya sanggup bertahan sampai 6 bulan saja. Setelah itu lenyap.

Kasus terbanyak penyebab karamnya sebuah blog adalah karena penulis atau blogger nya kehilangan motivasi untuk terus menulis. Dan salah satu sumber motivasi utama yang menjadi bahan bakar penyemangat blogger adalah TRAFFIC atau Kunjungan atau Audiens blog itu sendiri. Losing traffic lead to losing motivation.

Usia 3-6 bulan biasanya adalah masa kritis bagi blogger baru. Simptom awalnya mungkin hanya malas menulis, kecapekan, lalu rehat sejenak, vakum, whatever. Dan ketika imbasnya mulai terasa berupa statistik pengunjung yang menurun, audiens yang merosot perlahan menuntun kearah merosotnya semangat menulis dan kepercayaan diri blogger. Tanpa terasa blog tergiring menuju mode mati suri, hibernate, sampai akhirnya shutdown beneran. Finish.

QUANTITY VS QUALITY
Update blog sesering mungkin adalah cara terbaik untuk mempertahankan dan meningkatkan traffic/audiens sebuah blog/website. Tengok saja beberapa Blog/website otomotif paling top/populer di tanah air, produktifitas artikelnya bisa dipastikan sangat tinggi. Minimal 1 artikel baru dirilis setiap hari, bahkan bisa dua-tiga artikel terbit dalam satu hari. Mungkin lebih tepat disebut sebagai news site, portal berita, atau e-magazine. Sehingga tak heran bila jumlah pengunjung nya pun bisa mencapai puluhan ribu per hari.

Sayangnya, tidak semua bloger punya kemampuan menulis seproduktif itu. Bisa update seminggu sekali saja udah bagus. Saya termasuk diantara golongan ini.

So how to deal with this? bagaimana trik nya supaya blog dengan ‘produktivitas rendah’ bisa tetap stabil dikunjungi bahkan terus meningkat walo jarang update?

Jawabannya adalah Artikel Pilar.
Artikel pilar adalah artikel yang menjadi fondasi dari sebuah blog. Artikel pilar adalah alasan utama yang mendorong orang mengunjungi blog. Dan lalu datang kembali. It is the traffic puller for your blog.

Katakanlah, blog ini selama setahun telah menerbitkan 64 artikel. Waktu menunjukan, dari 64 artikel ini hanya beberapa artikel saja yang layak disebut sebagai ‘Artikel Pilar’ sementara yang lainnya cukup menjadi artikel biasa atau reguler article. Segelintir artikel ini saya sebut artikel pilar karena menjadi penyumbang utama pada traffic blog secara keseluruhan. Walau sudah ditimpa artikel artikel yang lebih baru, artikel pilar tetap bertahan berada didaftar 15 besar paling sering dibaca pengunjung blog ini.

Screenshoot 15 artikel paling banyak dibaca selama setahun:
Top Post
Artikel pilar memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Biasanya panjang lebar, lebih dari 500 kata.
  • Bentuknya bisa macam-macam. Tapi yang paling sering adalah bentuk tutorial, ‘how to’ articles, kompilasi, atau tips n trik yang memberikan manfaat nyata untuk pembacanya. Bukan sekedar berita yang cukup dibaca sekali lalu dilupakan.
  • Banyak pembaca yang mereferensikan, menshare, membagikan link ke artikel tersebut ke orang lain entah via fb, twitter, kolom komentar diblog lain, dsb. Bahkan tidak jarang ada beberapa web/blog/situs lain jelas-jelas mencopy paste artikel tersebut.
  • Tidak terikat waktu. Long term effect. Bahkan setelah berbulan-bulan berlalu dan tertimbun di arsip, artikel tsb masih tetap relevan, bermanfaat, dan dicari pembaca.

Idealnya memang kuantitas dan kualitas tulisan dua duanya diutamakan. Sering update artikel baru, dan setiap artikel baru selalu bagus. Perfect. Tapi jika terpaksa harus memilih salah satu diantara Quantity vs Quality, saya lebih suka memilih quality. Tidak memaksakan diri untuk sesering mungkin update. Tapi secara berkala menghadirkan satu artikel yang lengkap, tuntas, dan memiliki nilai lebih untuk pembacanya. Dengan begitu blogger bisa lebih rileks, less stressing. Bisa lebih santai mempersiapkan artikel, meluangkan waktu untuk hal lain, tapi tetap bisa menikmati buah dari jerih payahnya dalam jangka panjang. Kunjungan pembaca yang bertahan lama sampai berbulan bulan kedepan hanya dari artikel pilar tersebut.

It takes more time and energy to create a pillar articles, but its worth the effort. Tentu saja tak bisa terus-terusan memproduksi artikel pilar setiap saat. Tapi minimal ada 5 artikel pilar sudah sangat lumayan. Selain itu bisa diselingi dengan tulisan-tulisan reguler atau artikel ringan saja. Semakin banyak artikel pilar, semakin kokoh pula fondasi blog, tak gampang runtuh walau suatu waktu absen lama gak update artikel baru.

Oke gann, trus gimana caranya supaya bisa bikin artikel pilar……?? Ada ide?
Nah nah nah….untuk yang ini kita bahas lanjut lain waktu aja ya. Siapa tau topik ini bisa jadi tambahan koleksi ‘Artikel pilar’ di blog ini. hehe.

Hari ini saya mau packing-packing dulu. Besok lusa sudah harus terbang ke Kuala lumpur. Nonton Moto GP live at Sepang Circuit, bareng empunya si Blackpearl, bro Wildan dan Papanya si Sexy, bro Gugum. : yihaa

Gimana kalo next article judulnya live report satria155.com from MotoGP Sepang?
halahhhhhhhh gaya…. haha. Ogah ah, saya mau nonton tenang, menikmati aksi-aksi marquez dkk tanpa sibuk update blog. hehe :p

See yaaa…
Satria155
nonton motogp sepang



Share Artikel Ini
3 Responses to “Tips Ngeblog | Setahun satria155.com | Sering Update = Blog Makin Rame??”
  1. hiulscm October 8, 2013
  2. motogokil October 8, 2013
    • Satria155 October 8, 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google+