SCA 2019|SSFC DEPOK GAUNGKAN KAMPANYE KESELAMATAN BERKENDARA “PENGEMUDI CERDAS MENGGUNAKAN PONSEL SECARA BIJAK”

Pemirsa, tahukah anda bahwa perilaku menggunakan handphone saat sedang mengendarai kendaraan ternyata empat kali lebih berbahaya daripada mengendarai kendaraan dalam kondisi mabuk??

Orang yang sedang dalam pengaruh alkohol misalnya, pandangan dan perhatiannya masih tetap tertuju ke jalan walaupun responnya lambat, sedangkan apabila kita menggunakan hp sambil berkendara, maka disaat itu perhatian kita akan teralihkan ke layar hp, sehingga seakan akan kita berkendara dengan mata tertutup. Berbahaya sekali bukan?

Maka wajar saja jika menurut data Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia menyebutkan bahwa faktor penyebab nomor satu kecelakaan lalu lintas adalah karena terganggunya konsentrasi saat berkendara, alias distracted driving. Salah satunya akibat penggunaan handphone saat berkendara, entah itu menelpon, sms, whatsapp, gps, atau aktivitas pengoperasian hp lainnya.

Flyers SCA SSFC DEPOK

Nah terkait dengan hal ini, hari Sabtu kemarin 23 November 2019, kawan kawan dari SSFC Pengda Depok untuk kesekian kalinya menggelar kegiatan kampanye keselamatan berkendara, yang kali ini mengambil tema spesifik yaitu “Jurus Menjaga Konsentrasi Berkendara: Pengemudi Cerdas Menggunakan Ponsel Secara Bijak”.

Acara yang menjadi bagian dari program SCA 2019 ini melibatkan para driver atau mitra Ojek Online di area depok, yang tentu dalam profesinya sebagai ojek online sehari-harinya akan sering berinteraksi dengan pemakaian ponsel.   

Panitia dari ssfc depok memulai sesi ke 1 acara sejak pagi hari dengan mengirimkan beberapa tim panitia untuk datang ke shelter-shelter ojek online di Stasiun Depok Baru (StaDeBar), Stasiun Depok Lama (StaDeLa) & ITC depok. Disana mereka melakukan pendekatan sosialisasi sekaligus mengundang para driver ojek online untuk hadir ke acara talkshow SCA 2019 yang diagendakan siang sampai sore harinya di Warung Nasi Gajah di bilangan Beji Timur Kota Depok.

Sosialisasi ke Shelter Ojek Online
Sosialisasi ke driver Ojek Online
Disambut dengan baik oleh perkumpulan Ojol di StaDeBar

Acara talk show SCA 2019 tersebut dimulai sekitar pukul 13.30, dihadiri puluhan driver ojek online yang terlihat antusias menyimak materi pengarahan dari dua narasumber yang dihadirkan oleh panitia ssfc depok. Pada tema  “Stop menggunakan handphone saat berkendara, pengemudi cerdas menggunakan handphone secara bijak” ini, diisi oleh dua pembicara yaitu Drs. Dadang Wihana M.Si, beliau adalah Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, dan Iptu Nanang Wahyu Wibowo,SH selaku Kanit Dikyasa dan Kamsel Satlantas Polres Metro Depok .

Materi dari Kanit Dikyasa & Kamsel Satlantas Polres Metro Depok: Iptu Nanang
Kepala DisHub Kota Depok – Drs Dadang memberikan arahan

Setelah sesi tanya jawab dan diskusi yang cukup seru, sesi talkshow kemudian ditutup dengan foto bersama dan momen penandatanganan Komitmen Bersama untuk tidak menggunakan Handphone saat berkendara oleh para peserta yang hadir.

Untuk lebih menegaskan penyampaian pesan keselamatan berkendara, prosesi kegiatan SCA 2019 ini kemudian dilanjutkan dengan aksi sosialisasi turun kejalan membagikan media flyer yg berisikan himbauan kepada masyarakat khususnya pengemudi ojek online agar bisa lebih bijak dalam menggunakan handphone pada saat berkendara. Sesi turun ke jalan ini pun sekaligus menjadi penutup rangkaian kegiatan SCA 2019 ssfc depok hari itu.

Pelarangan penggunaan telpon selama berkendara sebetulnya sudah tegas diatur dalam Pasal 106 ayat (1) dan pasal 283 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), namun mungkin karena minimnya edukasi dan sosialisasi ke masyarakat jadinya masih banyak yang belum ‘aware’ tentang hal ini, maka dari itu ssfc depok tergerak untuk melakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi ini, tutur bro Awan selaku ketua panitia SCA 2019 SSFC Depok.

Dengan adanya kegiatan seperti ini kita semua berharap dapat turut serta berkontribusi menurunkan angka resiko kecelakaan di jalan, menambah kesadaran dan lebih bijaksana dalam penggunaan Hand Phone saat berkendara, tutup bro Caprut – Ketua SSFC Depok

Penulis: Pahla #155

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google+