Cerita Nonton MotoGP Live Sirkuit Sepang | Ala Backpackers Bukan VIP

Sebetulnya, saya ini bukanlah seorang penggemar fanatik MotoGP. Hanya sekedar seneng biasa-biasa aja selayaknya anak motor pada umumnya. Jujur saja, bahkan nama-nama pembalapnya juga saya banyak gak hafalnya, hehe. Taunya ya cuman yang top-top nya aja, yang sering dibahas sama komentator2 GP di teve kayak om Matteo itu lhooo..:DTapi memang harus diakui daya tarik MotoGP musim 2013 ini terasa beda sekali dari musim-musim sebelumnya. Lebih greget gimanaaaa gitu. Lebih seru, lebih panas, lebih menjual. Aroma kompetisi terpancar lebih menjanjikan sejak awal musim, tak hanya antar tim (terutama Honda vs Yamaha) tapi juga diwarani bumbu ‘internal competition’ didalam tim yang sama. Tensi persaingan memperebutkan gelar juara semakin memanas menjelang seri-seri terakhir. Sepang – Philip Island – Valencia. Tegang pemirsa ! 😀

Dan siapa nyana, pucuk dicinta ulam ternyata tiba. Beberapa waktu yang lalu sebuah ajakan menggiurkan datang dari kawan klub, tak lain tak bukan adalah bro Wildan Abnormal empunya si Blackpearl. Bro wildan yang kebetulan bekerja di maskapai Air Asia menawarkan tiket pesawat gratis pulang pergi ke Malaysia untuk nonton motoGP langsung di sirkuit Sepang. Jadi cuman tinggal beli tiket masuk sirkuit aja. Karena pesan jauh jauh hari via internet, kami bisa dapet harga tiket masuk sirkuit sepang lebih murah (Early Bird), 63RM (230rb) untuk tribun K1 Grandstand dari harga normal 103RM (373rb). Soal akomodasi juga gak perlu pusing mikirin hotel, seorang teman wildan yang kerja di malaysia berbaik hati mau menampung kami di apartemen nya. Wuahhhhhhh……..siapa yang gak mau coba. Menang banyak nihhh…hehehe

Race Day MotoGP Sepang dijadwalkan hari Minggu tgl 13 Oktober, namum kami berlima (saya, bro Gugum papinya FU Sexy, dan bro Wildan beserta istri dan jagoan kecilnya) sengaja memilih terbang hari kamis, 3 hari lebih awal sebelum Race Day. Maksudnya supaya bisa santai dan ingin juga nonton semua sesi Free Practice dan Kualifikasi.

Bagaiamana cerita perjalanan kami selama melancong di malaysia? kepanjangan ah kalo diceritain satu persatu disini, yang jelas seru abis dahhh. Kami benar benar jadi backpackers disana. Turis ngaprak. Naik turun bas, train, teksi, campur banyak jalan kaki. Jangan tanya tampang lusuh kami yang jadi gosong terpanggang matahari selama 3 hari berturut turut, haha.

Oke pemirsa. Daripada capek menulis panjang lebar, biarlah beberapa cuplikan dokumentasi foto dan video berikut ini yang bercerita. (Klik untuk memperbesar)

Dokumentasi video sebenernya banyak, tapi gak kuat nguploadnya, gede gede bener filenya. Jadi saya potong aja sekedarnya, hehe. Yang penting bisa jadi gambaran, mungkin ada pemirsa yg tertarik nonton motogp sepang next time, kayak gini lhoo view nya kalo dari tribun penonton. Kita cuman liat waktu pembalap lewat di tribun kita, selebihnya ya mantau dari tv gede yang dipasang disitu. hehe.

Video 1. View dari Tribun Utama seberang paddock (Main Grandstand). Kami kesini waktu pertama kali dateng pas sesi free practice.
Di Main Grandstand ini cuman bisa nonton trek lurusan doang. Enaknya tapi kalo pas race bisa liat momen2 lepas start dan finish. Harga tiket nya 153 RM (550rb rupiah)

Video 2. View dari tribun K1 Grandstand yang kami beli online seharga 63RM. Tapi kalo beli ditempat jadi lebih mahal, sekitar 100RM. Lokasinya persis didepan tikungan pertama setelah lepas start. Kalo disentul namanya R1 :). Katanya sih disini jadi posisi paling asyik buat nonton balapan. Karena banyak adegan seru, seperti overtaking, tak jarang crash atau out ditikungan ini. Maklum abis ngebut topspeed langsung ketemu tikungan tusuk konde alias hairpin. Kelas supersport dan moto3 yang paling banyak out atau ngegelosor di tikungan ini.

Simak gaya sliding Marquez saat menaklukan tikungan K1 ini:

Video 3. MOTO GP Race LAP 1. View dari K1 Grandstand juga, tapi kami memilih spot lebih ujung supaya viewnya lebih luas. Sayang mode kamera go pro nya diset mode Fish Eye, jadi kelihatan kecil dan jauh. Padahal aslinya sih lebih deket. Di tikungan ini Lorenzo menunjukan kelihaiannya mencuri posisi 1. Padahal ia start dibelakang Marquez dan Rossi.

Video 4. Race Lap 2. Lorenzo masih memimpin.

Video 5. Race Last Lap dan Victory Lap. Tanpa diduga, bukan marquez atau lorenzo yang finish duluan. Malah Pedrosa yang melenggang sebagai pemenang seri ini. Marquez terlihat kurang ngotot dan hanya bermain aman menahan lorenzo diposisi 2. Mungkin masih merasa bersalah karena insiden putusnya traction control pedrosa di seri sebelumnya, jadi ngasih angin kalee, hehe. O iya, jgn heran ya suara komentar yg heboh divideo-video ini, gak lain gak bukan dia adalah komentator fenomenal yg lg ngetren; bro wildann jebrettt. haha.

Masih banyak sebenernya cerita pengalaman, foto dan video dokumentasi hasil perjalanan ke malaysia kemarin. Gak muat deh kalo ditampilin semua disini. Kami juga sempat bertemu dan nongkrong bareng dengan beberapa rider FX125, FXR 150, dan Belang R disana. Very nice. Mudah2an next year bisa maen lagi kesana.
What a great trip. Kalo kata mister tukul empat mata: Puas Puas Puas …! 😀

Special thanx to Wildan, Gugum, Dhika n Khalif yang udah ngajakin jalan2 ke malaysia. Great thanx to sis Ayuka yang udah mau direpotin selama kami dimalaysia. Juga untuk bro Bee Sa dan kawan2 dari komunitas rider FX125, FXR dan Belang atas keramahtamahannya.

See you another time,
Satria155

10 Responses to “Cerita Nonton MotoGP Live Sirkuit Sepang | Ala Backpackers Bukan VIP”
  1. goem.jagur November 2, 2013
    • Satria155 November 2, 2013
  2. orong-orong November 2, 2013
    • Satria155 November 2, 2013
  3. Ary Eksprimen November 2, 2013
  4. Dewi Novala Sari November 2, 2013
  5. Mas Wiro November 2, 2013
  6. gina November 2, 2013
  7. rahardiandj November 2, 2013
  8. Nita November 2, 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google+