Menanti OMR Satria FU di IRS 2014 | Jadi atau Sebatas Mimpi?

E-EVENT SENTUL 2014

Hari minggu kemarin, acara latihan bersama para bikers kembali digelar di Sirkuit Internasional Sentul. Gelaran perdana ditahun 2014. Kali ini namanya bertajuk “E-Event, Safety Sportifitas, Brotherhood”. Disebut E-Event karena inisiator acara di sentul gede ini sebenarnya adalah bro Erwin, namun juga tak lupa menggandeng bro Doedy yang sudah terbiasa menggelar rutin latihan bersama (fun race) di Sentul kecil bersama D’Event nya.

E-Event SentulDari sekitar 150 peserta berbagai jenis motor yang turut serta kemarin, Satria FU juga terlihat banyak yang ikutan, ada yang dari klub, bengkel, ataupun perorangan. Beberapa yang saya lihat hadir disana antara lain FU riders dari klub ssfc, dari komunitas SSFL, bengkel RMS /Dovi racing, DJ MRT, Jonz Engine, dan privateer lainnya. Walau hanya untuk menonton, saya turut berkunjung ke sentul terutama karena ingin mendampingi kawan-kawan FUers dari klub SSFC (Suzuki Satria F150 Club) yang memanfaatkan event latihan ini sebagai uji coba persiapan menuju IRS 2014.

Lha, emang apa hubungannya sama IRS ? IRS kan balap motor premium sport??

WACANA OMR SATRIA FU DI IRS 2014

Jadi begini, ceritanya sekitar dua bulan lalu sebuah kabar sampai ke telinga kawan-kawan FUers di ssfc, konon katanya tahun 2014 ini di IRS (IndoSpeed Race Series) akan diadakan juga kelas OMR Satria FU 150, menyusul OMR CB150R yang sudah lebih dulu hadir di IRS. Saat ini kabarnya sedang dalam proses negosiasi antara Suzuki dan manajemen IndoSpeed untuk realisasinya.

Tentu saja, kabar ini jadi angin segar dan disambut antusias oleh anak-anak FU. Karena kabarnya komunitas pun bisa ikut daftar sebagai tim privateer. Buat para FU enthusiast, menimba pengalaman di event balap resmi seperti IRS tentu akan sangat berharga, apalagi selama ini memang belum ada wadahnya untuk para FUers yang menyukai road race. Walau dua tahun terakhir ini D’Event telah sukses menyalurkan hobi cornering melalui kegiatan fun race, namun sifatnya kan hanya fun saja. Tak ada regulasi baku untuk pembagian kelas, pembalap, atau spek mesin. Hanya latihan bebas dan simulasi. Kalo pas banyak FU yg daftar ya dibikin OMR, lain waktu fu bisa masuk kelompok bebek 4tak campuran, kadang juga dicampur di kelas sport 150 4tak batangan. Grid start juga seringnya pake sistem kocok saja cabut sumpit. Pokoknya suka-suka aja deh, yang penting semua peserta hepi, hehe..

SATRIA FU SPEK OMR 150cc

trio FU IRSNah ditengah masih belum jelasnya informasi regulasi spek mesin FU di IRS ini (itupun kalau jadi diadakan), tim ssfc sudah riset kecil2an secara swadaya mempersiapkan 3 unit motor dengan batasan spek hasil bocoran sana sini yang tidak bisa saya jelaskan disini. Yang pasti kapasitas silinder wajib standar 150cc, tapi beberapa part lain dibatasi sambil menunggu kepastian regulasi. Dan jadilah di E-event sentul kemarin pun menjadi kesempatan uji coba perdana tim ssfc dengan 3 FU 150cc spek ‘kira-kira IRS’ ini, hehe.
1622844_10200480988466391_159395105_n
1618484_10200480989386414_1217815797_n
Ini dia penampakan 3 fu itu di E-Event kemarin:
1. Si Belank, kini spek 150cc. yang joki empunya sendiri: Bro Faris dari ssfc subang.
si belank
Faris feat si belang
Faris feat belank

2. Si buta, kini berbaju pinky dgn spek 150cc. Sebagai joki juga yg punya motor: bro Moja ssfc Jakarta
Si buta 150cc

Moja feat si buta pinky:
Moja feat si buta

3. Si Bontot Pinky Boy 666, milik bro hery bontot. Jokinya dipercayakan ke bro Frido ssfc jogja, itu lhoo empunya si Jago merah (pengennya pake si jago tp belon siap riset spek OMR katanya 😀 )
bontot pinky

Frido feat Si Bontot
Frido feat si Pinky Boy
frido feat pinky boy

Namanya uji coba perdana, apalagi dengan sumberdaya seadanya tentu masih jauh dari sempurna. Walau begitu, masukan dari para joki cukup memuaskan. Di track sentul gede kemarin, tiga fu 150cc ini mampu bersaing dengan beberapa FU spek bore up stroke up yang biasa turun di fun race. Soal daya tahan mesin juga cukup baik. Walau 1 unit FU yaitu si Belank terpaksa keluar track lebih cepat karena jebol.

UJI COBA SATRIA FU SPEK OMR 150cc

belang jebolPiston si belank hancur, klep juga patah, diperkirakan akibat ngejim boringan baru yang gak keburu inreyen dulu. Digeber dari pagi sejak sesi latihan, hanya si Bontot dan si Buta yang selamat sehat sampai pulang. Di sesi simulasi race bebek 4tak, dua fu ini memilih start paling belakang supaya leluasa mencatat laptime, walau akhirnya ikut berbaur juga dengan peserta lain karena ternyata bisa merangsek ke barisan tengah. Lap timenya? angkanya dirahasiakan tapi cukup menggembirakan 🙂
3b buta bontot
buta vs bontot
Frido and Moja
3e
4 belang buta
5c
3 buta hanung

Secara keseluruhan, penyelenggaraan acara E-Event kemarin berlangsung rapi dan memuaskan peserta. Cuaca juga seperti memaklumi keinginan para rider untuk puas gaspoll di trek. Padahal tadinya diperkirakan akan hujan sejak pagi tapi ternyata cuaca cerah dan hujan pun baru turun menjelang sore. Semua kelas dapat dilaksanakan simulasi racenya. Di kategori bebek 4tak, barisan MX sukses memborong semua podium kelas bebek 4tak fun race kemarin. Luar biasa kencang-kencang, jokinya juga lihai-lihai. Yang tak kalah seru juga tentu dikelas sport 150 4tak yang diisi motor batangan seperti vixion, cb150R, dan CBR150. Podium depan dikelas ini direbut Vixion disusul CBR. Walau tentu karena ini bukan kompetisi resmi maka tak bisa dijadikan acuan. Spek mesin, joki, dan urutan start yang diacak turut jadi faktor penentu hasil akhir posisi finish.

GALERI FOTO E-EVENT

Berikut ini saya ambilkan beberapa foto suasana E-Event hasil comotan dari group facebook D’Event. Klik foto untuk memperbesar:

Kemarin, saya sempat telpon ke sekretariat IndoSpeed untuk mengecek informasi sejauh mana perkembangan wacana OMR satria FU di ajang IRS 2014. Dan memang ternyata benar, pihak sekretariat mengkonfirmasi bahwa rencana OMR Satria FU memang ada wacananya. Namun realisasinya masih dalam proses negosiasi dengan pihak Suzuki.

Kita tunggu saja pemirsa, apakah mimpi satria FU hadir di IRS ini akan terealisasi atau hanya jadi ilusi.

Salam,
Satria155
Satria155.com

Last pic, foto bareng sebelum bubaran: satria155.com bersama tim ssfc dan bro Doedy juragan D’Event 🙂
1506224_10152034113108551_276472284_o

5 Responses to “Menanti OMR Satria FU di IRS 2014 | Jadi atau Sebatas Mimpi?”
  1. Dwi January 30, 2014
  2. dwi January 30, 2014
  3. orong-orong January 30, 2014
  4. Hanung Ari Wibowo January 30, 2014
  5. Janet Stress January 30, 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google+