Power Jet pada karburator, fungsinya apa?

Sesuai rencana di artikel kemarin, ini posting perdana di kategori “Apa Ini Apa Itu” 😀

Udah baca artikel tamu dari bro tata tentang Modifikasi Power Jet di karbu PE28?
Artikel instruktif yang ternyata laku keras terutama bwt mereka yang doyan kencanggg…hehe

Walau begitu, ternyata masih banyak juga pembaca yang nanya, Emang power jet itu apa sih? ngaruhnya apa?
Oke, buat buat yang belum tahu, mungkin bisa tergambar dari diagram berikut ini :
Apa itu Power Jet

CARA KERJA POWER JET

  • Power jet adalah circuit/jalur tambahan pensuplai bensin, diluar dari Main Circuit dan Pilot Circuit.
  • Jalur power jet ngambil bensin dari mangkok karbu, disalurkan langsung ke moncong karbu
  • Power jet butuh kevakuman maksimal di venturi baru bisa aktif
  • Saat full throtle (skep terangkat penuh) tekanan udara yang sangat rendah tercipta di lorong venturi. Memungkinkan bensin dari mangkok yang bertekanan normal ikut ‘naik’ melalui jalur power jet. Jadi waktu gaspoll, suplai bensin bukan hanya dari main jet dan pilot jet, tapi juga ditambah dari Power jet.
  • Kalo gas gak dibuka full, ya bensin dari power jet gak akan keluar.karena kevakuman venturi kurang maksimal bwt narik bensin via power jet

KEUNTUNGAN PASANG POWER JET

  • Dengan tambahan power jet, gejala ‘kekeringan’ di rpm atas (mis. saat top speed) bisa diatasi tanpa perlu Mainjet gede-gede. Resiko mesin jebol karena kekeringan di rpm tinggi juga berkurang
  • Karena sehari hari kita lbh sering pake motor posisi gas setengah (gak full), bensin bisa lebih irit karena MJ bisa dikecilin tanpa takut kekeringan. Respon gas diputeran tengah jg bisa lebih baik

KEKURANGAN PASANG POWER JET

  • Perlu jetting ulang lagi, bwt cari setingan MJ yang pas dgn power jet

Semoga cukup jelas.
Ada tambahan?

33 Responses to “Power Jet pada karburator, fungsinya apa?”
  1. Goem Si Jagur March 8, 2013
  2. Goem Si Jagur March 8, 2013
  3. goem187 March 8, 2013
  4. Yovie Elda Yuliana March 8, 2013
  5. Yovie Elda Yuliana March 8, 2013
  6. boy fitra March 8, 2013
  7. Wildan d'Abnormal March 8, 2013
  8. Wildan d'Abnormal March 8, 2013
  9. Ratz Nerazzurri Drifter March 8, 2013
    • Satria155 March 8, 2013
  10. Ratz Nerazzurri Drifter March 8, 2013
  11. Kosno Cunkrinks March 8, 2013
  12. Kosno Cunkrinks March 8, 2013
  13. Jack Ajeh March 8, 2013
    • Satria155 March 8, 2013
  14. MrBewoks Ga Mau Polygamy March 8, 2013
    • Satria155 March 8, 2013
  15. NUBITOL CAUR March 8, 2013
  16. Galang Nugroho March 8, 2013
  17. Galang Nugroho March 8, 2013
  18. Out Siders March 8, 2013
  19. Out Siders March 8, 2013
  20. Ibrahim Nasir March 8, 2013
  21. Ibrahim Nasir March 8, 2013
  22. Sahrul Ashary March 8, 2013
  23. Sahrul Ashary March 8, 2013
  24. fahrizal aji March 8, 2013
    • Satria155 March 8, 2013
  25. andreas March 8, 2013
  26. Khaerul Z. March 8, 2013
  27. Sayrun March 8, 2013
  28. yahya March 8, 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google+