Balap Kejurnas IRS 150cc di Sentul Gede ! kok sepi sepi aeee ya?? Heloooooo…

Permirsa….banyak kalangan kecewa dengan gelaran balap 150cc di Indoprix kemarin. Jauh panggang dari api. Digadang gadang bakal panas dan meriah, namun ternyata kenyataan tak sesuai harapan. Antiklimaks akibat keputusan Yamaha disusul Honda yang angkat kaki dari ajang ini, tak satupun tim pabrikan mereka yang turun.  Walhasil hanya Suzuki yang terlihat serius menurunkan 3 tim pabrikan sekaligus. Jika saja tak ada tim privateer Daytona yang turun membesut motor Yamaha Vixion, niscaya kelas open150cc kemarin akan berubah jadi OMR Satria fu semata.

Alasan utama yang didengungkan yamaha saat itu adalah faktor tidak safety nya sirkuit yang dipake Indoprix. Dapat dipahami,  sirkuit sirkuit yg dipakai di IP memang kategori sirkuit sirkuit mini. Bahkan Sirkuit sentul kecil yg dipakai gelaran perdana IP kemaren kan sejatinya adalah sirkuit untuk gokart / karting. Karakternya sangat technical, dipenuhi tikungan tikungan pendek dan rapat, minim trek lurus, lebih menuntut skill pembalap dibanding power motor. Kurang menguntungkan deh intinya buat motor sport seperti cbr, cbsf, nvl, atau r15. Konon, kalau saja Indoprix digelar di SIC (Sentul International Circuit aka Sentul Gede), maka jagoan jagoan 150cc milik honda dan yamaha siap turun.

Benarkah?
Minggu ini, 10-11 Mei 2014, gelaran balap bertaraf kejurnas sudah dikonfirmasi Indospeed management siap digelar.

Tempatnya? Sentul Gede brooo.
Sirkuit nomor 1 yg dimiliki indonesia saat ini. Dengan panjang lintasan sekitar 5km, trek lurus sepanjang 900meter, dan tikungan tikungan lebar dan panjang memungkinkan pembalap memeras tenaga motor sampai titik bensin penghabisan :D. Cucok deh pokoknya bwt motor sport.

Anehnya, seakan berbanding terbalik dengan gaung balap 150cc indoprix yg begitu hingar bingar, publikasi dan sosialiasi soal balap 150cc IRS justru melempem….sepiiiiii. Gak ada berita persiapan tim pabrikan ataupun privateer untuk turun diajang ini.

Kontras sekali gaung IRS vs Indoprix. Padahal IRS ini disentul gede lhoo. Yang notabene katanya treknya cocok dengan karakter motor sport tulen.

Ngecek ke website IMI? masih jadwal lama yg terpajang.
Cek ke facebook Indospeed Race Series? Status terakhirnya aja masih oct’13 😀

Ah sudahlah, yang jelas event ini sudah fix pasti digelar. Seperti tercantum di agenda Sentul berikut ini:
wpid-wp-1399461177787.jpeg

Keterangan lebih jelas soal event IRS ini saya peroleh dari salah satu sponsor tim klub tempat saya bernaung.

Ketentuan IRS

Di keterangan itu terlihat, untuk Satria FU disediakan kelas khusus OMR FU. Semua unit motor disediakan oleh Suzuki Indomobil. Jadi hanya pembalap nya yang diseleksi. Alhamdulilah 2 rekan saya dari klub SSFC pun lolos seleksi pembalap dan dipastikan ikut berkompetisi di omr fu.

Bagaimana dengan kelas paling Hot, terpanas saat ini, Sport 150cc?
Awal selentingan konon katanya di irs ini satria fu tidak diperkenankan masuk ke kelas 150. Hanya omr saja. Namun setelah saya konfirmasi ke sekretariat Indospeed ternyata tidak benar. REGULASI tetap menggunakan regulasi IMI yang dipakai di IP. Jadi fu tetap bisa ikut dicampur di kelas sport 150.

Yang masih belum jelas kabar beritanya adalah : Tim mana sajakah yg akan turun bertarung di kelas 150cc? Karena kali ini bukan hanya yamaha dan honda yang “sepi”, tim suzuki pun tak terdengar kabar beritanya.

Ahhh sudahlah… Kita liat saja nanti akhir minggu ini. Seperti apa akhir dramanya, akankah jadi tontonan yg lebih seru atau justru kembali Antiklimaks seperti nasib 150cc Indoprix. Entah apalagi alasan yg akan dipakai tim pabrikan jika lagi lagi absen di ajang balap bergengsi ini.

Bring it On!
Satria155

image

image

image

Posted from WordPress for Android via Xperia Z Ultra

4 Responses to “Balap Kejurnas IRS 150cc di Sentul Gede ! kok sepi sepi aeee ya?? Heloooooo…”
  1. Rivan May 7, 2014
  2. Mas Wiro May 7, 2014
    • satria155 May 7, 2014
  3. bel sekolah otomatis May 7, 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Google+